Rabu, 25 November 2020

STRUKTUR PASAR

 STRUKTUR PASAR

Struktur pasar adalah informasi tentang perilaku usaha dan kinerja pasar yang dijelaskan melalui keadaan pasar. Jenis struktur pasar dapat diketahui melalui konsentrasi pasar.

Struktur pasar umumnya dibedakan menjadi  2 yaitu :

  • Struktur pasar persaingan sempurna

Struktur pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar yang membebaskan peserta pasar untuk masuk dan keluar pasar serta memiliki keterbukaan informasi tentang kekuatan pasar dan barang dagangan.

A) Ciri-ciri pasar persaingan sempurna

Adapun beberapa ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut:

  • Banyak perusahaan dalam pasar
  • Setiap perusahaan adalah pengambil harga.
  • Setiap perusahaan sangat mudah untuk keluar masuk.
  • Setiap perusahaan menghasilkan barang yang sama.
  • Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang keadaan di pasar.
  • Terdapat banyak penjual dan pembeli.
  • Banyaknya barang diperdagangkan yang sifatnya homogen.
  • Informasi pasar lengkap.

B) Kelebihan pasar persaingan sempurna

Adapun beberapa kelebihan pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut:

  • Harga ditentukan oleh satu penjualan atau pembeli. Dalam artian ditentukan dari tawar-menawar harga.
  • Tidak memerlukan iklan, karena barang yang diperjualbelikan sama.
  • Mampu meningkatkan efisiensi dalam produksi. Semakin banyak jumlah penjual, produsen akan berlomba-lomba meningkatkan mutu barang yang dijual.
  • Pembeli dan penjual bebas bertindak. Dimana produsen dan konsumen memiliki kebebasan dalam keluar masuk pasar.

C) Kekurangan pasar persaingan sempurna

  • Pekerja menerima gaji/upah yang rendah, dnegan laba secukupnya. Produsen tidak bisa memberikan upah tinggi kepada pekerjaannya.
  • Tidak ada dana untuk penelitian dan pengembangan produk. Jadi, tidak ber-inovasi produknya.
  • Terbatasnya kebebasan memilih bagi pembeli karena barang yang dijual hanya satu.

      Dalam pasar model ini, tidak boleh terjadi monopoli pasar. Penipuan dan pemalsuan produk serta kecurangan lainnya dicegah dengan penyeragaman dan standardisasi produk. Selain itu, setiap ketidak-jujuran dalam kebebasan ekonomi akan mendapat kecaman. Struktur pasar persaingan sempurna memiliki jumlah pedagang dan penjual yang sangat banyak, informasi yang diberikan sempurna, dan memiliki mobilitas terhadap sumber daya.

  • Struktur pasar persaingan tidak sempurna.

Struktur pasar persaingan tidak sempurna dibagi menjadi empat macam yaitu :

1. Pasar monopoli

Pengertian Pasar Monopoli Adalah, Ciri - Ciri, Contoh, dan Struktur Pasarnya

        Struktur pasar monopoli hanya memiliki pengusaha tunggal dalam pasar dan tanpa pesaing. Pasar dengan struktur ini memiliki barang substitusi yang tidak sempurna. Harga produk monopoli tetap bertahan dan permintaan tidak akan menurun meski harga produk lain menurun. Pengusaha tunggal ini dapat sepenuhnya menetapkan harga jual, kuantitas produksi serta kebijakan lainnya. Pada struktur ini, hanya ada satu perusahaan tetapi memungkinkan jumlah penjual produk lebih dari satu tanpa adanya komoditas pengganti.
        Selain itu tidak ada keleluasaan untuk memasuki pasar dan penggunaan iklan tidak diperlukan. Struktur pasar monopoli dapat terbentuk karena beberapa hal. Pertama, adanya penguasaan bahan mentah yang potensial dan strategis serta teknik produksi yang unggul oleh produsen. Kedua, hak penjualan hanya dimiliki oleh produsen tunggal dan telah memperoleh izin khusus dari pemerintah untuk menetapkan kebijakan perdagangan. Ketiga, keterbatasan pasar dan distribusi produk. Terakhir, adanya pembatasan harga dengan investasi awal yang sangat besar.

Ciri-ciri pasar monopoli adalah sebagai berikut :

  • Hanya terdapat satu penjual saja.
  • Jenis barang yang diproduksi atau dijual tidak ada batang penggantinya yang mirip.
  • Pelaku pasar monopoli bebas menentukan harga sesuai keinginannya.
  • Adanya hambatan, rintangan, atau barriers bagi perusahaan baru yang akan masuk ke dalam pasar monopoli.


 2. Pasar monopolistik

Pasar Monopolistik - Pengertian, Contoh dan Ciri Ciri

      Struktur pasar persaingan monopolistik adalah gabungan antara struktur pasar persaingan sempurna dan monopoli. Pada struktur ini, perusahaan diberi keleluasaan untuk masuk dan keluar dari pasar. Selain itu, barang yang dihasilkan beragam dan tidak sejenis

Ciri-ciri pasar monopolistik adalah sebagai berikut : 

  • Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
  • Barang yang diperjual-belikan merupakan differentiated product.
  • Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri.
  • Untuk memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
  • Keluar masuk pasar barang/produk relatif lebih mudah.


3. Pasar oligopoli.

Pasar Oligopoli - Pengertian, Ciri-Ciri, Faktor, Manfaat

      Pada struktur pasar oligopoli, jumlah penjual dengan barang substitusi sangat sedikit. kuvra permintaan yang berlaku memiliki elastisitas silang yang tinggi. Jumlah perusahaan dalam pasar yang sedikit membuat struktur pasar ini tidak memberikan keleluasaan untuk memasuki pasar. Selain itu, penetapan harga harus disepakati bersama oleh setiap perusahaan yang ada di dalam pasar.

Ciri-ciri pasar oligopoli adalah sebagai berikut :

  • Terdapat beberapa produsen yang menguasai pasar.
  • Produk yang diperjualbelikan bisa homogen atau berbeda corak.
  • Setiap produsen atau perusahaan cenderung memberlakukan harga pasar yang umum.
  • Terdapat kepemimpinan harga price leader oleh perusahaan atau produsen besar.


4. Pasar Monopsoni

Pasar Monopsoni : Pengertian, Ciri, Contoh, Kelebihan, Kekurangan

            Monopsoni adalah bentuk pasar yang didalamnya hanya terdapat satu penjual dan satu konsumen yang menjadi pembeli tunggal. Kelompok pengusaha selaku pembeli tunggal ini menguasai pasar komoditas dan dapat memunculkan potensi persaingan tidak sehat. Monopsoni merupakan sebuah kebalikan dari Monopoli, yang dikuasai oleh satu penjual besar.

Ciri-ciri Pasar Monopsoni adalah sebagai berikut : 

  • Jumlah pembeli dan penjual tidak seimbang, biasanya penjual berjumlah banyak namun hanya ada satu atau beberapa pembeli.
  • Barang yang diperjualbelikan adalah barang mentah. Barang mentah tersebut nantinya akan dijual kembali ke pihak lain.
  • Harga ditentukan oleh pembeli. Tidak jarang harga yang ditawarkan pembeli tidak sesuai dengan harapan penjual, namun akan tetap diterima karena sulit untuk mendapatkan pembeli lain.
  • Pendapatan tidak merata, disebabkan oleh pembeli yang menentukan dan mempengaruhi harga Pendapatan yang diterima oleh pelaku pasar monopsoni akan tidak seimbang karena kekuasaan yang tidak merata. 
  • Sering terjadi perselisihan. Perselisihan antara penjual dan pembeli terjadi karena harga yang diberikan oleh pembeli tidak sesuai dengan ekspektasi penjual. Biasanya hal ini diatasi oleh pemerintah selaku pihak ketiga. 

Empat jenis struktur pasar tersebut didasarkan pada karakteristik pasar yang meliputi jumlah dan ukuran distribusi para pembeli dan penjual, hambatan masuk, serta tingkat diferesiansi produk.

referensi : 

https://alihamdan.id/struktur-pasar/
https://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_pasar
https://theinsidemag.com/struktur-pasar/#Pengertian_Struktur_Pasar









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FITUR PENGAMAN DENGAN PASSWORD SEDERHANA

      ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN KASUS TEKNIK ELEKTRO FITUR PENGAMAN DENGAN PASSWORD SEDERHANA    Disusun Oleh : Nama : Hafidz Ferdwinanta Ha...