Selasa, 24 November 2020

KONSEP PERMINTAAN DAN PENAWARAN

TEORI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

    Teori penawaran dan permintaan (bahasa inggrissupply and demand) dalam ilmu ekonomi, adalah penggambarkan atas hubungan-hubungan di pasar, antara para calon pembeli dan penjual dari suatu barang

    Model penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terjual di pasar. Model ini sangat penting untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap perilaku serta interaksi para pembeli dan penjual. Ia juga digunakan sebagai titik tolak bagi berbagai model dan teori ekonomi lainnya. Model ini memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen, sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas. Model ini mengakomodasi kemungkian adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan, yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran.


KONSEP PENAWARAN

Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. 

  • Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran:

  1. Harga barang itu sendiri.
  2. Harga sumber produksi.
  3. Tingkat produksi.
  4. Ekspektasi/perkiraan.

  • Hukum Penawaran

            Hukum penawaran adalah teori yang terkait dengan penawaran. Salah satu contohnya ialah jika harga barang tinggi, tentu jumlah barang yang akan dijual lebih banyak. Sebaliknya, jika harga barang lebih rendah, maka jumlah barang yang akan dijual atau ditawarkan akan semakin langka.
  • Kufra Penawaran

        Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah ke kanan atas atau slow positif. Adapun unsur penyusun kurva adalah harga atau P yang dilambangkan dengan garis vertikal, jumlah barang atau Q yang dilambangkan dengan garis horisontal, dan garis penawaran yang menghubungkan titik pertemuan harga dan jumlah barang.

kurva penawaran1

KONSEP PERMINTAAN

Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.

  • Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan:

  1. Harga barang itu sendiri.
  2. Harga barang lain yang berkaitan.
  3. Tingkat pendapatan.
  4. Selera konsumen
  5. Ekspektasi/perkiraan.

  • Permintaan dapat di bagi menjadi 2 yaitu : 

1. Permintaan absolut :

     Permintaan absolut adalah permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli. Pada permintaan absolut konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli barang yang diinginkan. Contohnya Hendra ingin membeli sepatu olahraga. Akan tetapi uang yang dimiliki Hendra tidak cukup untuk membeli sepatu olahraga. Oleh karena itu keinginan Hendra untuk membeli sepatu olahraga tidak bisa terpenuhi.

2. Permintaan Efektif :

    Permintaan efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar. Pada permintaan jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan ia mampu membayarnya.

3. Permintaan Potensial :

   Permintaan potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut. Contohnya Pak Luki sebenarnya mempunyai uang yang cukup untuk membeli kulkas, namun ia belum mempunyai keinginan untuk membeli kulkas.


Hukum Permintaan

    Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta. Apabila harga naik jumlah barang yang diminta sedikit dan apabila harga rendah jumlah barang yang diminta meningkat. Dengan demikian hukum permintaan berbunyi: “bila harga naik, jumlah barang yang diminta akan turun. Bila harga turun, jumlah barang yang diminta akan naik”. Pada hukum permintaan berlaku asumsi ceteris paribus. Artinya hukum permintaan tersebut berlaku jika keadaan atau faktor-faktor selain harga tidak berubah (dianggap tetap).

Kufra Permintaan

     Kurva permintaan bergerak dari kiri atas ke kanan bawah atau slow negatif. Unsur penyusun kurva adalah harga atau P yang dilambangkan dengan garis vertikal, jumlah barang atau Q yang dilambangkan dengan garis horisontal, dan garis permintaan yang menghubungkan titik pertemuan harga dan jumlah barang.


kurva permintaan

Referensi : 

https://fhazrel.blogspot.com/2011/10/konsep-penawaran-dan-permintaan-pada.html
https://www.studiobelajar.com/permintaan-dan-penawaran/
https://id.wikipedia.org/wiki/Penawaran_dan_permintaan#Bacaan_lanjutan
https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/mengenal-konsep-permintaan-penawaran-dan-harga-pasar-4022/
https://accurate.id/marketing-manajemen/hukum-penawaran-dan-permintaan-secara-lengkap/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FITUR PENGAMAN DENGAN PASSWORD SEDERHANA

      ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN KASUS TEKNIK ELEKTRO FITUR PENGAMAN DENGAN PASSWORD SEDERHANA    Disusun Oleh : Nama : Hafidz Ferdwinanta Ha...